5 Jembatan Besar Di Indonesia Yang Ikonik & Megah

Sebagai negara kepulauan terbesar di dunia, Indonesia memiliki ribuan jembatan penghubung yang tersebar dari Sabang sampai Merauke. Dari jembatan sungai kecil hingga pembangunan dermaga besar, telah menjadi urat nadi dan penghubung persatuan bangsa.

Apa saja jembatan besar dan ikonik di Indonesia ini? Kami menyajikan beberapa di antaranya untuk Anda di sini.

Jembatan Suramadu

Membentang megah melintasi Selat Madura setinggi 5.438 meter dan menghubungkan kota Surabaya dengan Pulau Madura. Jembatan yang dibangun selama 7 tahun dan dibuka pada tahun 2009 ini merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dan tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai jembatan terpanjang ketiga di Asia Tenggara setelah Jembatan Penang. di Malaysia dan Jembatan Mawlamyaing di Myanmar.

Awalnya, jembatan ini dibangun dengan tujuan untuk mempercepat pembangunan ekonomi pulau Madura. Mulai saat ini, Suramadu tidak hanya menjadi penghubung dan penggerak ekonomi, tetapi juga menjadi tujuan wisata. Banyak festival diselenggarakan di sana setiap tahun.

Dan saking panjangnya, jembatan Suramadu ini menggunakan elastomer jembatan yang sangat banyak agar jembatan lebih kuat dan tidak   mudah roboh

Baca Juga  Patut Kita Ketahui! 5 Contoh Keragaman Budaya di Indonesia

Jembatan Pasupati

Jembatan yang juga dikenal dengan nama Flyover Pasupati ini menghubungkan wilayah utara dan timur Bandung dan membentang dari Jalan Pasteur hingga Jalan Surapati.

Diresmikan pada Juni 2005 dan merupakan jembatan terpanjang kedua di Indonesia dengan panjang kurang lebih 2,8 kilometer. Dibangun dengan konstruksi kokoh dan diklaim tidak akan terguncang gempa karena jembatan ini dibangun dengan perlindungan gempa khusus dari Perancis.

Jembatan Tengku Agung Sultanah Latifah

Ada lift yang akan membawa Anda ke puncak menara setinggi 80 meter
Jembatan yang lebih dikenal dengan Jembatan Siak ini membentang sepanjang 1.196 meter di atas Sungai Mempura di Kabupaten Siak, Provinsi Riau.

Diresmikan pada tahun 2007, dibangun dengan sistem guy wire dan konstruksi modern. Terdapat 2 menara setinggi 80 meter yang dilengkapi dengan lift untuk mengakses puncak. Dari atas menara ini, pengunjung bisa menikmati keindahan kota Siak.

Jembatan Tayan

Jembatan Tayan terletak pada masa pemerintahan Sanggau, di Kalimantan Barat. Dengan panjang 1.420 meter, jembatan ini merupakan yang terpanjang ketiga di Indonesia setelah Jembatan Suramadu dan Jembatan Pasupati.

Baca Juga  Patut Kita Ketahui! 5 Contoh Keragaman Budaya di Indonesia

Sebagai penghubung antara kota Tayan dan desa Piasak, desainnya mirip dengan Sydney Harbour Bridge di Australia dengan warna dominan merah dan putih.

Jembatan yang diresmikan oleh Presiden Jokowi pada 22 Maret 2016 itu menjadi ikon baru Kalbar dan destinasi wisata bagi warga sekitar.

Jembatan merah putih

Berbicara tentang jembatan terpanjang di Indonesia, di Indonesia bagian timur terdapat jembatan merah putih yang membentang di perairan Teluk Ambon.

Jembatan Merah Putih menghubungkan desa Rumah Tiga (Poka) di kecamatan Sirimau di sebelah utara dan desa Hative Kecil/Galala di kecamatan Teluk Ambon di sebelah selatan dan merupakan jembatan cable-stayed yang sangat ikonik dengan panjang 1140 meter.

Itu tadi jembatan cantik dan ikonik Indonesia, tentunya masih banyak jembatan lain yang tak kalah megah dan ikonik dari daftar di atas.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Share
Berikan Komentar