Tak perlu panik jika IMEI diblokir Pemerintah! Lakukan cara berikut ini

Rencana Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk melakukan pembatasan peredaran HP black market atau ilegal dengan cara memblokir IMEI tetap diberlakukan.

Meskipun gagal diluncurkan pertengahan Agustus 2020 lalu, namun Rancangan Peraturan Menteri Kominfo tentang Pembatasan Akses Layanan Telekomunikasi Bergerak Seluler pada Alat dan Perangkat Telekomunikasi tetap akan dilaksanakan.

Namun tenang saja, Jagoan Gadget telah merangkum beberapa cara mengatasi IMEI diblokir pemerintah agar smartphone kita bisa digunakan untuk mengakses internet, menelepon, dan berkirim pesan seperti sedia kala.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan bila IMEI Smartphone Anda tidak terdaftar dan diblokir pemerintah:

1. Membayar Pajak

Cara ini relatif mudah yakni dengan cara membayar pajak Smartphone Anda sehingga nantinya pemerintah akan mendaftarkan IMEI Anda. Sehingga Smartphone dapat berguna dan berfungsi dengan normal. namun perlu dicatat bahwa besarnya pajak tentunya menyesuaikan harga Smartphone Anda.

Baca Juga  Ingin Smartphone Android Berkualitas?Simak Tips Untuk Memilihnya

2. Mendaftarkan IMEI pada Bea Cukai

Turis asing tidak ingin menggunakan kartu seluler asal negaranya, dan ingin menggunakan kartu seluler Indonesia. Bisa mendaftarkannya ke gerai operator seluler untuk mendapatkan akses 90 hari.

3. Mengganti Nomor IMEI

Cara ini hanya berfungsi pada Android saja yakni caranya dengan melakukan root dan mengganti IMEI ponsel dengan IMEI lain yang terdaftar. Kelemahannya tidak semua orang paham cara mengganti IMEI ini sehingga memerlukan bantuan teknisi. Cara ini layak dipertimbangkan karena murah dan legal.

Itulah tadi cara yang dapat digunakan bila IMEI ponsel Anda tidak terdaftar dan diblokir pemerintah. Lantas bagaimana cara mengecek nomor IMEI pada ponsel kita?

Untuk mengecek kode IMEI biasanya sudah terdapat di bagian belakang Smartphone yang ditulis dan ditempel menggunakan stiker.

Namun, beberapa vendor Smartphone memindahkan stiker tersebut kebagian kardus agar nomor IMEI tetap bisa dilihat. Hal ini dikarenakan ketika diletakkan di belakang Smartphone akan mudah hilang dan memudar akibat pemakaian.

Baca Juga  Senjata Point Blank Terbaik Yang Wajib Dipakai

Jika kedua stiker tersebut hilang, tidak perlu khawatir karena pengguna masih bisa melakukan pengecekan melalui ponsel. Salah satu cara yang bisa dilakukan di Android yaitu dengan pergi ke Menu Pengaturan. Ketika memasuki Menu Pengaturan, pengguna bisa memilih Sub Tentang Telepon atau About Phone dan temukan IMEI dari ponsel tersebut.

Happy
Happy
%
Sad
Sad
%
Excited
Excited
%
Sleepy
Sleepy
%
Angry
Angry
%
Surprise
Surprise
%
Share
Berikan Komentar